Hukum Coulomb

Charles Augustin Coulomb (1736-1806) melakukan eksperimen elektrostatis untuk pertama kali pada tahun 1785, ia menggunakan bola-bola kecil bermuatan yang dapat dianggap sebagai muatan titik. Hasil dari percobaan ini diberikan dalam Hukum Coulomb, yang menyatakan bahwa gaya F antara dua buah muatan titik q1 dan q2 besarnya sebanding dengan hasil kali kedua muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak diantara kedua muatan tersebut.



k adalah kostanta perbandingan yang besarnya tergantung pada sistem satuan yang digunakan.

Gambar 1 Gaya pada muatan uji akibat muatan titik

Pada sistem SI, gaya dalam Newton (N), jarak dalam meter (m), muatan dalam Coulomb (C), dan k mempunyai harga :
 

ε0 sebagai konstanta permiitivitas ruang hampa besarnya = 8,854187818×10-12 C2/Nm2. Gaya listrik adalah besaran vektor, jika gaya Coulomb dinyatakan dengan notasi vektor menjadi :



Di mana r12 adalah jarak antara q1 dan q2 atau sama panjang dengan vektor r12, sedangkan r12 adalah vektor yang searah dengan r12. Gaya Coulomb antara dua muatan titik yang masing-masing sebesar 1 Coulomb pada jarak 1 meter adalah 9 x 109 Newton, kurang lebih sama dengan gaya gravitasi antara planet-planet.
Dalam Gambar 2 ditunjukkan posisi muatan dan gaya-gaya yang terjadi antara keduanya.

Gambar 2 Posisi muatan dan gaya yang terjadi dalam bidang x-y 

Gaya yang dialami muatan q1 akibat pengaruh muatan q2 adalah :




 Gaya yang dialami muatan q2 akibat pengaruh muatan q1 adalah :




Setelah diselesaikan hasilnya adalah :




Referensi :
1.   Halliday, David; Robert Resnick, “Fisika Jilid 2”, Diterjemahkan oleh : Pantur Silaban Ph.D dan Drs.Edwin Sucipto, Jakarta: Erlangga, 1996.
2.   Jr., William H. Hayt, Elektromagnetika Teknologi, Diterjemahkan oleh: The Houw Liong, Ph.D., Jakarta: Erlangga, 1982.




10 comments:

  1. Perkembangan zaman bukan hanya mengubah tatanan kehidupan, namun juga perilaku manusia. Misalnya dalam hal mencari pasangan. Saat ini banyak orang yang berhasil mendapatkan pacar lewat medsos , entah itu di Facebook, IG, maupun WA. Dengan jumlah pengguna media sosial yang begitu banyak, rasanya tak sulit untuk mencari pacar atau sekedar teman curhat. Bahkan, sudah tak terhitung kisah cinta yang berawal dari saling sapa di Instagram maupun Facebook. Namun, cara mendapatkan pacar lewat media sosial tidak sama dengan perkenalan di real life. Ada trik yang harus dilakukan agar lawan jenis tidak ilfeel dan mengakhiri chat lebih awal.

    ReplyDelete
  2. Yeyvibe You haven’t found the perfect custom T-Shirt yet? Create it yourself for free in three clicks, it's as fast as that. Select among our many models the product of your choice (T-shirts, hoodies, mugs, phone cases ...), then personalize it with your image or favorite quote. Giving life to your ideas has never been easier. Offer yourself your own creation or offer it for sale to our community of users and take full advantage of the profit made.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali https://halloguru.com/

    ReplyDelete
  4. 9000+ High Quality Backlinks

    The Biggest Backlinks Directory till now. Create Backlinks for your website. Become a SEO Expert on your own. Keep on building backlinks to work on your possibilities positioning higher in Search Results.

    [Hot Deal] List of 9000+ Websites to Build DIY - Backlinks24.xyz

    ReplyDelete

Followers