Prinsip Pembangkitan Sumber Tegangan

Prinsip Sumber Tegangan

Sumber tegangan yang sering kita pakai sehari-hari berasal dari baterai dan dari jaringan PLN 380/220 V yang biasanya tegangan yang dibangkitkan melalui proses konversi energi mekanik menjadi energi listrik melalui medan magnet yang diputar oleh turbin baik berupa uap maupun gas. Secara umum prinsip konversi energi listrik yang dapat digunakan adalah :
  •  Prinsip Elektromagnet :
Elektromagnet dapat terjadi pada sebuah magnet yang digerakkan keluar masuk dalam sebuah batangan silinder besi yang berongga yang dililit kumparan. Tegangan akan timbul pada ujung-ujung kumparan dan jika diukur dengan alat ukur voltmeter maka jarum pada alat ukur akan bergerak. Prinsip ini dipakai pada cara kerja generator atau dinamo listrik.



  •  Prinsip Elektrokimia :
Dua buah elektrode pelat berbahan tembaga (kutub positif), dan pelat seng (kutub negatif) direndam dalam larutan elektrolit asam sulfat. Diantara kedua ujung kutub terjadi beda tegangan. Prinsip ini dipakai dalam akumulator.



  •  Prinsip Thermo-elemen:
Dua logam yang berbeda panas jenisnya disambung kemudian dipanaskan pada titik sambungannya. Maka di masing-masing ujung akan timbul beda potensial.



  •  Prinsip Foto-elemen:
Bahan semikonduktor yang berbeda bila terkena cahaya maka pada kedua terminal yang berlainan akan timbul beda potensial. Prinsip ini dipakai dalam pembuatan sel surya.



  • Prinsip Piezo-Kristal:
Bahan piezo-kristal yang diapit bahan aluminium jika diberi tekanan pada ujung yang berbeda maka timbul tegangan listrik.


No comments:

Post a Comment

Followers